Teknologi = Air

Apa sih Teknologi itu?, Seperti Apa dan Bagaimana?….

Teknologi, kata-kata ini semakin tenar bahkan kedahsyatannya sudah banyak manusia dibumi ini merasakannya. Bagi saya, Teknologi itu seperti “Air” ya.. Air yang jernih, datang dengan membawa kesegaran tentunya bagi siapa saja yang menerima dan meminumnya. Kalau Air ini diminum begitu saja, yaa… rasanya juga begitu-gitu aja, namun jikalau kita menyajikannya dengan penuh kreativitas, mungkin rasanya akan berbeda, dampak yang ditimbulkannyapun berbeda.

Umpamanya Air jernih ini kita matangkan, dan kita campur susu, bagaimana rasanya “Hmmm pastilah lebih segar ketimbang masih putih, bahkan lebih bermanfaat untuk tubuh dan tulang”. Perumpamaan berikutnya jika Air jernih ini, kita matangkan , kemudian kita campur kopi susu kesukaan kita dengan penyajiannya didampingi pisang greng “Waduuhhh. wenak tenan rasanya”. Perumpamaan ketiga, Jika Air Jernih ini, kita campur bubuk-bubuk/zat-zat narkotika dapat dibayangkan toh dampaknya???”

Begitu pun sama dengan Teknologi. ketika datang di zaman ini akan banyak menimbulkan dampak-dampak baik Positif maupun Negatif, tergantung bagaimana kita sebagai manusia menerima dan mengelolanya. Ketika teknologi itu datang kemudian kita manfaatkan dengan apa adanya tanpa kreasi dan kreativitas seperti halnya “Air Jernih” tadi, maka dampak yang kita rasakanpun biasa-biasa saja. Namun ketika teknologi itu datang, kemudian kita terima dengan positif dan kita transformasikan kedalam bentuk ¬†kreativitas kita, maka sudah pasti dampak yang dirasakan begitu berbeda terlebih teknologi tersebut buah karya tangan kreativitas kita. Tapi sebaliknya, ketika teknologi itu datang, kemudian kita terima dengan masukan-masukan fikiran negatif dan kita transformasikan kedalam bentuk ¬†kreativitas kita yang negatif juga, maka sudah pasti dampak yang dirasakan amat sangat buruk bahkan sangat merusak dan merugikan orang lain serta diri kita sendiri.

That’s Technology, ia datang tak untuk menakuti dirikita, ia datang tak untuk membebankan diri kita. Ia datang untuk membantu kita, membantu meringankan sebagian besar pekerjaan kita sehari-hari. Orang yang takut dengan hadirnya teknologi maka ia sendiri yang akan merasa “kecil”. Kian lama kian tahun ia datang bak teman atau bahkan kekasih hatimu sendiri, kemana kau pergia ia kan selalu ada bahkan lebih setia dari kekasihmu. Lihat dalam sekala kecil dari bentuk teknologi yakni “Telpon Genggam” atau HP dengan segala macam vitur serta kecanggihannya. Manusiamana yang tak luput dari sikecil yang satu ini, dan belum lagi berbagai macam bentuk dari teknologi lainnya.

So.. “Teknologi hadir tidak untuk mempersulit namun memudahkan, Mereka yang tak ingin mengenal meknologi, maka mirinyalah yang akan diperbudak oleh kecanggihan teknologi itu sendiri”.

Itulah pandangan saya mengenai Teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s